Breaking News
Home » Main News » Unib Siap Melaksanakan OSN Pertamina ke-5

Unib Siap Melaksanakan OSN Pertamina ke-5

PERUSAHAAN minyak terbesar di Indonesia PT. Pertamina Tbk yang bekerjasama dengan Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) dan 32 Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia, dalam waktu dekat kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN). Khusus di Bengkulu, Unib kembali dipercaya sebagai tuan rumah tingkat provinsi dan sejauh ini berbagai persiapan sedang dilakukan panitia sehingga tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya nanti.

Berbagai persiapan dan proses pendaftaran peserta sedang dilakukan. Kita yakin pada hari H nanti Unib siap melaksanakan dan mensukseskan kegiatan ini,” ujar Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unib, Drs. Bambang Trihadi, M.Sc kepada Tim Humas usai mengikuti video conference tentang pelaksanaan OSN Pertamina, di ruang V-Con Rektorat Unib, Selasa (4/9).

Selain sukses dalam pelaksanaan kata Bambang, pihaknya juga berjuang agar Unib sukses meraih prestasi. Oleh karena itu, diimbau kepada para calon peserta agar mempersiapkan diri secara baik dalam menghadapi ajang ini.

Video conference itu sendiri dilaksanakan panitia pusat yang dikoordinir Universitas Indonesia dan terkoneksi dengan 30 Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia. Khusus di ruang V-Con Unib, tampak hadir Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan FMIPA, PD III Fakultas Ekonomi, PD III Fakultas Teknik dan PD III Fakultas Pertanian.

OSN-PERTAMINA 2012 merupakan yang ke 5 dan Unib dipercaya sebagai tuan rumah tingkat provinsi untuk ke 4 kalinya. Program ini merupakan wujud kepedulian Pertamina terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia. Melalui ajang ini diharapkan dapat mendorong prestasi mahasiswa yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, juga mendorong mahasiswa agar lebih serius dan kompeten di bidangnya.

Di banding sebelumnya, OSN Pertamina 2012 mengalami sedikit perbedaan. Tahun ini OSN terbagi dua kategori yaitu theory dan science project. Tema juga berbeda yaitu tentang energy dan lingkungan. Theory merupakan bentuk kompetisi seperti tahun-tahun sebelumnya. Sementara science project merupakan bentuk dan model baru OSN Pertamina 2012. Sceince project merupakan penyempurnaan model kompetisi best presenter yang dilaksanakan tahun sebelumnya.

Selain mendapatkan piagam penghargaan, para pemenang kompetisi ini nanti akan mendapat hadiah uang tunai dan uang pembinaan kepada fakultas bersangkutan. Total hadiah yang disediakan panitia pusat adalah Rp2,87 miliar.

Bambang Trihadi menjelaskan, tahap seleksi provinsi akan dimulai 1 s.d 20 September untuk pengumpulan proposal scient project secara online. Desk evaluation project antara 15 s.d 30 September. Tahap penyisihan atau seleksi tertulis (teori) pada 25 September, kemudian pengumuman hasil penyisihan dua kategori ini pada 1 Oktober, dan seleksi tahap final sekaligus pengumuman pada 8 Oktober.

“Untuk theory, para juara satu tiap bidang akan dikirim mewakili provinsi untuk mengikuti kompetisi tingkat pusat. Sedangkan untuk kompetisi science project akan diseleksi antar regional, artinya juara satu tingkat regional yang akan dikirim mengikuti kompetisi tingkat pusat dan yang dikirim adalah ketua tim atau perwakilannya saja,” papar Bambang seraya menambahkan untuk seleksi tingkat nasional akan dilaksanakan pada 26 sampai 30 November 2011.

Persyaratan umum OSN Pertamina ini bisa diikuti semua mahasiswa program S1 semua fakultas minimal sudah berada di semester 3 yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa atau yang lainnya. Selain itu belum pernah menjadi pemenang pada kompetisi sains tingkat perguruan tinggi nasional maupun internasional.

Syarat khusus, tentu saja pemenang kategori teori tahun 2008 s.d 2011 tidak diperbolehkan mengikuti OSN tahun 2012. Selain itu, tim science project adalah kelompok yang terdiri atas 2 s.d 4 orang. Terakhir, setiap tim diwajibkan membuat project ilmiah berupa karya inovasi dan aplied science di bidang green enegry atau teknologi.[hms1]

Check Also

Increase Human Resources, 7 Lecturers and 2 Staffs”Study” Abroad

DEVELOPING international relations and at the same time efforts to improve human resources continue to …