Breaking News
Home » Main News » Unib Sembelih Tujuh Sapi

Unib Sembelih Tujuh Sapi

ALLAHUAKBAR, Allahuakbar, Allahuakbar. Allahuakbar Walillahilham. Gema takbir mengiringi prosesi penyembelihan hewan kurban di halaman sebelah kiri gedung rektorat Universitas Bengkulu, pukul 09.00 WIB, Selasa (15/10).

Sudah menjadi agenda rutin, setiap hari raya Idul Adha, Unib melakukan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini, jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 7 ekor sapi, lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang mencapai 8 ekor sapi. Ke 7 hewan kurban itu berasal dari para pimpinan, dosen dan karyawan Unib, dengan ketentuan satu ekor sapi untuk 7 orang pengorban.

“Tahun lalu kita menyembelih 8 ekor sapi, tahun ini hanya 7 ekor. Tapi Alhamdulillah, kita patut bersyukur sebab agenda rutin ini masih bisa terus-menerus kita laksanakan,” ujar Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Prof. Wachidi sekaligus sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Penyembelihan Hewan Kurban.

Dengan estimasi berat satu ekor sapi 55 kilogram, maka jumlah daging bersih yang dihasilkan sebanyak 385 Kg. Daging hewan kurban tersebut, sebagian dikembalikan kepada pihak pengorban, dan dibagikan kepada keluarga besar Universitas Bengkulu yang berhak menerima seperti panitia penyembelihan, para cleaning service, security dan para tenaga honorer.

Kemudian sebagian daging dibagikan kepada masyarakat yang berdomisili di dekat kampus utama, seperti warga masyarakat Kelurahan Kandang Limun, Beringin Raya, Rawa Makmur, Talang Kering, Sungai Hitam, dan Pekik Nyaring. “Untuk masyarakat di beberapa kelurahan yang dekat dengan kampus Unib dibagikan sebanyak 262 kantong/bingkisan,” ujar Prof. Wachidi.

Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi dalam sambutannya mengatakan, selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, kegiatan penyembelihan hewan kurban ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan silahturahmi antar keluarga besar Unib dan antara Unib dengan masyarakat. “Mudahan-mudahan kegiatan yang baik ini dapat terus kita laksanakan dan kita tingkatkan di masa-masa mendatang,” ujarnya.

Pantauan Tim Humas, kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban tersebut berlangsung lancar dan penuh rasa kekeluargaan. Penyembelihan hewan kurban pertama dilakukan langsung oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, penyembelihan hewan kurban kedua dilakukan mantan Rektor Prof. Zainal Muktamar, dan hewan kurban berikutnya disembelih secara bergantian oleh para Wakil Rektor, dan para dekan.

Acara tersebut diakhiri dengan makan siang bersama. Antara pimpinan Unib dan para karyawan tampak membaur, satu sama lain penuh rasa kekeluargaan dan keakraban.[hms1]

Check Also

Increase Human Resources, 7 Lecturers and 2 Staffs”Study” Abroad

DEVELOPING international relations and at the same time efforts to improve human resources continue to …