Breaking News
Home » Main News » Unib Kedatangan 4 Mahasiswa Thailand

Unib Kedatangan 4 Mahasiswa Thailand

UNIVERSITAS Bengkulu terus menggalakkan program pertukaran mahasiswa luar negeri (student exchange). Hari ini, Kamis (17/10), empat orang mahasiswa Rajamangala University of Technology Sri Vijaya (RMUTSV), Thailand tiba di Unib. Mereka mendapat beasiswa dan akan mengikuti pendidikan selama dua bulan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Keempat mahasiswa RMUTSV itu mendapat beasiswa program pertukaran mahasiswa luar negeri dari FKIP Unib. Mereka akan melaksanakan kuliah selama dua bulan di FKIP,” ujar Kepala Kantor Kerjasama Luar Negeri atau International Liaison Office (ILO) Universitas Bengkulu, Heri Dwi Putranto, S.Pt, M.Sc, Ph.D

Sebelumnya lanjut Heri, Unib juga telah kedatangan dua mahasiswa dari University Battambang – Camboja dan satu orang mahasiswa dari GIFU University, Jepang. Kemudian sebaliknya, tahun ini Unib juga mengirim 17 mahasiswa untuk mengikuti program kuliah pertukaran mahasiswa ke luar negeri.

Setibanya di kampus Unib, empat mahasiswa RMUTSV-Thailand itu disambut rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi di ruang kerjanya. Keempat mahasiswa itu bernama Savita Chaibanjong, Kunthida Roekurai, Tammachak Lebunchong, dan Teerawut Srisawut.

Selain menerima kehadiran empat mahasiswa itu, Rektor Unib Dr. Ridwan juga menerima kunjungan Pembantu Rektor Bidang Hubungan Luar Negeri RMUTSV, Prof. Kantarin Ruasakorn.

“Selain mengantar dan mendampingi para mahasiswanya, kehadiran Mrs. Kantarin itu juga dalam rangka visite atau kunjungan kerja ke universitas-universitas mitra RMUTSV. Sebab, Dia baru menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Hubungan Luar Negeri RMUTSV,” papar Heri.

Rektor Unib DR. Ridwan Nurazi, menyambut positif dan mengucapkan selamat datang kepada Mrs. Kantarin dan keempat mahasiswa RMUTSV itu. Kepada para mahasiswa rektor mengimbau agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya baik menyangkut bidang keilmuan maupun tentang kultur budaya kedua negara.

Kemudian kepada Prof. Kantarin, Dr. Ridwan Nurazi berharap agar ke depan program student exchange ini dapat lebih ditingkatkan, dan berharap kerjasama antara Unib dan RUMTSV tidak hanya sebatas student exchange tapi juga berbentuk kerjasama lainnya seperti riset, jurnal internasional, dan lain sebagainya.

“Selamat datang di kampus Unib, silahkan nikmati suasana di Indonesia dan Bengkulu khususnya. Semoga momentum ini dapat memberikan banyak pengalaman dan menambah pengayaan ilmu. Dan ke depan, kita berharap dan akan terus berupaya agar kerjasama semacam ini dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Usai berdialog dengan rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi dan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Fahrurrozi di ruang kerja rektor, Prof. Kantarin dan kekeempat mahasiswa RUMTSV langsung menuju fakultas KIP untuk berdialog dengan para pimpinan fakultas, dosen dan para mahasiswa. Kemudian juga berkunjung ke Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian, dan ke Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi.

Selama mengikuti perkuliahan di FKIP Unib, keempat mahasiswa Thailand itu akan membaur dengan mahasiswa reguler FKIP Unib. Selain mendapat beasiswa, selama mengikuti program ini mereka akan diinapkan di asrama mahasiswa (PGSD FKIP) yang dilengkapi sejumlah fasilitas.[hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …