Breaking News
Home » Main News » Unib Gelar Wisuda dengan Peserta Terbanyak

Unib Gelar Wisuda dengan Peserta Terbanyak

UNIVERSITAS BENGKULU, Rabu (28/8) di Gedung Serba Guna (GSG), menggelar wisuda dengan peserta sebanyak 1.211 wisudawan dan wisudawati. Jumlah peserta itu merupakan terbanyak sepanjang sejarah digelarnya wisuda di kampus hijau ini. Selain itu, jumlah wisudawan dan wisudawati yang meraih predikat “Dengan Pujian” sebanyak 187 orang, juga terbanyak sepanjang sejarahnya.

Prosesi wisuda Progam S-2, S-1, S-0 dan Diploma Unib periode ke-70 ini berbeda dari prosesi wisuda periode sebelumnya, sebab proses wisuda tidak lagi dilakukan dalam format Rapat Paripurna Terbuka Senat Universitas. Pembukaan acara wisuda dilakukan Rektor bukan sebagai ex officio Ketua Senat. Hal ini dikarenakan, merujuk statuta Unib yang baru bahwa Rektor tidak lagi ex officio Ketua Senat.

Kemudian, pada wisuda kali ini, laporan tentang rincian peserta wisuda tidak lagi disampaikan oleh para dekan, tapi disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. Walaupun demikian, para dekan tetap mendampingi Rektor sekaligus menyerahkan piagam kelulusan saat proses pelantikan para wisudawan dan wisudawati.

Rincian peserta wisuda per fakultas, berdasarkan urutan terbanyak yaitu pertama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 566 wisudawan, Fakultas Ekonomi 226 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) 144 wisudawan, Fakultas Hukum 90 wisudawan, Fakultas Pertanian 73 wisudawan, Fakultas Teknik 65 wisudawan, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 48 wisudawan.

Wakil Rektor I Unib Bidang Akademik, Dr. Ir. Fahrurozi, M.Sc dalam laporannya menjelaskan, peserta wisuda sebanyak 1.211 orang merupakan lulusan program reguler dan non reguler. Dari jumlah itu, untuk program S-2 reguler sebanyak 277 orang, program S-1 reguler 721 orang, dan program Diploma reguler sebanyak 111 orang. Kemudian program S1 non reguler sebanyak 102 orang.

Kata Dr. Fahrurozi, rata-rata lama studi lulusan adalah 2 tahun 0 bulan untuk S-2, 4 tahun 7 bulan untuk program S-1, dan 3 tahun 3 bulan untuk Diploma. Rata-rata IPK untuk S-2 sebesar 3,49, untuk S-1 sebesar 3,14, dan untuk Diploma 3,24. Rata-rata lama penyelesaian thesis/skripsi/laporan akhir yaitu 8 bulan untuk S-2, 7 bulan untuk S-1, dan 4 bulan untuk Diploma.

“Wisuda periode ke-70 ini menambah alumni Unib sebanyak 1.211 orang. Dengan demikian, maka jumlah keseluruhan lulusan Unib hingga Agustus 2013 juga bertambah yakni sebanyak 36.754 orang, baik program reguler maupun non reguler,” ujarnya.

Dr. Fahrurozi juga melaporkan, pada wisuda periode ini wisudawan dan wisudawati yang meraih predikat “Dengan Pujian” sebanyak 187 orang, terdiri 71 orang progam S-2, sebanyak 98 orang S-1, dan 18 orang Diploma. “Lulusan meraih predikat Dengan Pujian Terbaik untuk S-2 yaitu saudara Yulis Budiman dengan IPK 3,96, program S-1 saudari Atik Rodiawati dengan IPK 3,89, dan Diploma saudari Tri Akna Palupi dengan IPK 3,82,” paparnya.

Lulusan termuda pada wisuda periode ini yaitu saudari Sevika Ramadhani, Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, berasal dari SMA Negeri I Curup, putri Bapak Drs. Bukhari dan Ibu Nidaria, dengan IPK 3,46. “Yang bersangkutan lahir di Kota Donok II tanggal 3 Juli 1993. Saat ini Sevika Ramadhani berusia 20 tahun 1 bulan 25 hari,” papar Fahrurozi.[hms1]

Check Also

Increase Human Resources, 7 Lecturers and 2 Staffs”Study” Abroad

DEVELOPING international relations and at the same time efforts to improve human resources continue to …