Breaking News
Home » Main News » Unib Expose Program Doktor Pertama

Unib Expose Program Doktor Pertama

UNTUK memenuhi tuntutan kebutuhan pendidikan masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu membuka Program Doktor (S3) Ilmu Manajemen. Ini merupakan program Doktor pertama sejak Unib berdiri tahun 1982 silam. Dijadwalkan, Senin, tanggal 2 Desember 2013, program ini akan diexpose ke publik, sekaligus membuka pendaftaran mahasiswa baru.

“Jika tidak ada aral melintang, hari Senin tanggal 2 Desember, S3 Manajemen akan diexpose ke publik. Pada tanggal itu kita juga mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru,” ujar Direktur S3 Ilmu Manajemen Unib, Prof. Kamaludin, Kamis (28/11).

Dijelaskan Prof. Kamaludin, acara expose itu rencananya dipusatkan di gedung S Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unib, dan pihaknya mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, FKPD, dan sejumlah Bupati, para pejabat penting dari kabupaten se Provinsi Bengkulu, serta para mintra usaha seperti dari kalangan perbankan.

“Melalui expose itu, diharapkan Pemerintah Daerah dan masyarakat Bengkulu khususnya, bisa mengetahui bahwa saat ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu telah membuka program Doktor Ilmu Manajemen dan sudah siap menerima mahasiswa baru,” ujarnya.

Kata Prof. Kamaludin, Program Doktor Ilmu Manajemen Unib telah mengantongi izin penyelenggaraan dari Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Izin tersebut tertuang dalam SK Dirjen Dikti Nomor : 496/E/O/2013, dengan tiga konsentrasi yaitu Financial Management, Marketing Management, dan Human Resouce Management.

Jadwal kegiatan akademik diawali pendaftaran mahasiswa baru tanggal 2 Desember 2013 hingga 28 Februari 2014. Kemudian seleksi mahasiswa baru 3-5 Maret 2014, pengumuman hasil seleksi mahasiswa baru 10 Maret 2014, daftar ulang 13-21 Maret, dan pelaksanaan matrikulasi tanggal 24 Maret hingga 23 Mei 2014. Selanjutnya, hasil matrikulasi akan diumumkan taggal 26 Mei, daftar ulang semester 1 tanggal 26-30 Mei 2014, dan kegiatan perkuliahan semester 1 dilaksanakan tanggal 1 Juni – 31 September 2014.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lengkap dan ingin mengetahui tata cara pendaftaran dapat menghubungi Bagian Pendaftaran Mahasiswa Baru di gedung Magister Manajemen dan Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Bengkulu Jl. WR. Supratman Kandang Limun, Kota Bengkulu, nomor telepon/faximil 0736-20301. Atau bisa kontak langsung dengan Prof. Dr. Kamaludin, SE, MM di nomor telepon 07367001400, Berto Usman, SE, M.Sc HP.085664910631, dan Fachri Eka Saputra, SE, M.Sc HP.085758035358.

Menjadi Program Terkemuka di Sumatera

Pembukaan Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib merupakan upaya riil untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman, terutama dalam hal penyediaan pendidikan tinggi untuk jenjang Doktor. Melalui  program ini diharapkan dapat memenuhi bekal materi dan kemampuan dalam mempersiapkan calon pemimpin yang siap berkontribusi pada pengembangan ilmu.

Visi Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib adalah “Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Manajemen yang terkemuka di Sumatera dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penyelesaian masalah manajemen pada Tahun 2020”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib telah menetapkan tiga misi, yaitu, pertama Menyelenggarakan Program Pendidikan Doktor Ilmu Manajemen secara mandiri dan independen melalui proses pembelajaran yang terstruktur dan budaya akademik yang positif. Kedua, melaksanakan kegiatan penelitian yang bermutu di bidang ilmu manajemen dan menyebarluaskannya baik di tingkat nasional maupun internasional, dan. Ketiga, Berperan serta dalam pemecahan masalah yang dihadapi pemerintah, pebisnis, dan masyarakat melalui konsultasi, pelatihan, lokakarya, dan bimbingan di bidang manajemen.

Untuk mendukung kelancaran proses akademik, Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib dilengkapi sejumlah sarana dan prasarana, antara lain ruang kuliah yang nyaman dan representatif, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa, jaringan internet dan WI-FI, perpustakaan, e-journal (EBSCO, PROQUEST, ISJD, dan DOAJ) dengan koleksi buku dan jurnal termutakhir, serta sistem administrasi akademik yang integrated.

Para tenaga pengajar di program ini merupakan dosen-dosen yang expert di bidangnya (ahli marketing, finance, HRM, knowledge innovation, dan ahli statistic), baik dosen Unib sendiri maupun dosen-dosen dari universitas terkemuka lainnya di luar Provinsi Bengkulu.

Dosen staf pengajar Program Doktor Ilmu Manajemen FEB Unib, antara lain; Prof. Lizar Alfansi, SE., MBA (Universitas Bengkulu), Prof. Dr. Kamaludin, SE., MM. (Universitas Bengkulu), Prof. Ir. Sigit Nugroho, Ph.D., M.Sc. (Universitas Bengkulu), Prof. Dr Suryana Sumantri M.SIE. P.Si (Universitas Padjajaran), Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA (Universitas islam Indonesia), Prof. Dr. Augusty Ferdinand, MBA (Universitas Diponegoro), Prof. Christantius Dwiatmadja, SE., ME., Ph.D (Universitas Kristen Satya Wacana), Prof. Dr. Darwin Sitompul (Universitas Sumatera Utara), Prof. Dr. Rambat Nursasongko (Universitas Bengkulu), Prof. Dr. Herawan, SH., MH. (Universitas Bengkulu).

Kemudian, Dr. Ridwan Nurazi, SE., M.Sc., Ak. (Universitas Bengkulu), Dr. Fahrudin JS Pareke, SE., M.Si. (Universitas Bengkulu), Slamet Widodo, SE., MS., Ph.D. (Universitas Bengkulu), Dr. Syaiful Anwar AB., SU (Universitas Bengkulu), Dr. Effed Darta Hadi, SE., MBA. (Universitas Bengkulu), Dr. Darmansyah, SE., MM. (Universitas Bengkulu), Dr. Willy Abdillah, SE., M.Sc (Universitas Bengkulu), Dr. Ketut Sugiono (Universitas Bengkulu), Muhammad Abduh, SE., M.Sc., Ph.D. (Universitas Bengkulu), Latif Adam, Ph.D (LIPI).[hms1]

Check Also

UNIB and Dongguk University, South Korea Sign MoU to Cooperation Development

Program of World Class Professor (WCP) of Ministry of Research, Technology, and Higher Education made …