Breaking News
Home » Main News » UKM Pramuka Sukses Menggelar LK2P

UKM Pramuka Sukses Menggelar LK2P

UNIT Kegiatan Mahasiswa gerakan kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka) Gugus Depan 02.001 dan 02.002 yang berpangkalan di kampus Universitas Bengkulu, selama lima hari, Sabtu – Rabu (10-14/5/2014), menggelar perkemahan dan Lomba Ketangkasan dan Kreatifitas Pramuka (LK2P) yang melibatkan hampir seribu anggota pramuka dari berbagai kabupaten/kota se Bengkulu dan kabupaten/kota dari Provinsi Sumatera Selatan.

Perkemahan yang dipusatkan di halaman gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) itu berlangsung sukses, lancar dan penuh rasa kekeluargaan. Selain menjadi ajang menunjukkan eksistensi dan mengukir prestasi baik secara kelompok maupun individu, kegiatan itu juga menjadi wadah silahturahmi yang efektif bagi antar pembina maupun sesama anggota pramuka dari berbagai gugus depan.

Ketua Sangga Kerja LK2P Universitas Bengkulu, Apriliansyah, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-31 gerakan Pramuka Gudep 02.001 dan 02.002 Universitas Bengkulu. Tema besarnya adalah “Pramuka Berkarya, Berbudaya dan Cinta Indonesia.”

Total peserta yang ikut berpartisipasi pada perkemahan dan perlombaan ini sebanyak 704 orang ditambah 82 pembina pramuka, berasal dari 3 gugus depan untuk tingkat siaga (SD), 18 gugus depan untuk tingkat penggalang (SMP) dan 11 gugus depan tingkat Penegak (SMA) se Provinsi Bengkulu dan dari Sumatera Selatan.

“Sesuai dengan temanya, kegiatan ini dimaksudkan untuk menggelorakan dan mengeksiskan gerakan pramuka, menanamkan nilai-nilai budaya bangsa terhadap generasi muda sekaligus meningkatkan kecintaan terhadap nusa dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Mata lomba yang dilaksanakan selama lima hari itu dibagi tiga kategori, yaitu siaga, penggalang dan penegak. Tingkat siaga meliputi lomba Tata Upacara Siaga, Menggambar Beregu, Estafet Beregu, Heking dan LKBB. Tingkat Penggalang meliputi, Tata Upacara Penggalang, Cerdas Tangkas, Pioneering, Ceramah Agama, Tari Komando, Riasan Budaya, Masak Makanan Tradisional, Koloni Tongkat dan Tapak Tenda.

Kemudian untuk kategori Penegak, mata lombanya meliputi, Teknologi Tepat Guna (TTG), Syarhil, Pioneering, Derap Pramuka, Pentas Seni, Membaca Semapore, Hasta Karya Miniatur Rumah Adat Provinsi Bengkulu, Navigasi Darat dan Tapak Tenda.

Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan piala serta piagam dilaksanakan usai acara penutupan di halaman gedung Rektorat Unib, Rabu sore (14/5). Upacara penutupan itu dihadiri langsung oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc yang bertindak selaku Pembina Upacara. Kegiatan penutupan perkemahan dan LK2P itu juga ditandai pelepasan tanda peserta secara simbolis oleh Rektor dan pimpinan Unib lainnya.

Data dihimpun Tim Humas Unib, keluar sebagai juara umum untuk tingkat Siaga adalah SDN 68 Kota Bengkulu. Untuk tingkat Penggalang juara umumnya adalah SMP Negeri 06 Kota Bengkulu dan tingkat Penegak juara umum diraih oleh MAN 1 (Model) Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.

“Selamat kepada para pemenang lomba, dan selamat kepada panitia kegiatan dari UKM Pramuka Universitas Bengkulu yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini. Bagi peserta yang belum menjadi juara, jangan berkecil hati dan harus tetap semangat dan bersahaja. Mari kita kembangkan terus organisasi ke-pramuka-an sebagai wadah menciptakan generasi muda handal, dan penuh semangat untuk selalu berkarya,” ujar Rektor Unib ketika menyampaikan sambutan.[hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …