Breaking News
Home » Main News » Tiga Pembantu Dekan Faperta Dilantik

Tiga Pembantu Dekan Faperta Dilantik

TIGA pimpinan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Bengkulu yaitu Pembantu Dekan I Bidang Akademik, Pembantu Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan periode 2012-2016, Senin pagi (6/8) dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan. Pelantikan dilakukan langsung oleh Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D.

Selain tiga Pembantu Dekan Fakultas Pertanian, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pergantian antar waktu salah satu Pembantu Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unib.

Prosesi pelantikan yang disertai dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru tersebut dihelat secara khidmad, tertib dan lancar di hall gedung rektorat  Unib. Turut hadir pada acara itu antara lain, Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Pembantu Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Kepala Biro AUK, para Dekan selingkung Unib, para Kabag dan Kasubbag, serta para pimpinan unit kerja lainnya.

Ke tiga pimpinan Faperta yang dilantik yaitu Dr. Ir. R. Teguh Adi Prasetyo, M.Sc sebagai Pembantu Dekan I Bidang Akademik menggantikan Dr. Ir. Ketut Sukiyono, M.Ec, kemudian Indra Cahyadinata, SP, M.Si sebagai Pembantu Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan menggantikan Ir. Hery Gusmara, M.Sc, dan Ir. Mukhtasar, M.Si sebagai Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan menggantikan Ir. Edi Soetrisno, M.Sc.

Tiga pejabat baru itu diberi kepercayaan dan amanah oleh fakultas masing-masing untuk menggantikan pejabat lama yang sudah habis masa jabatannya. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Bengkulu Nomor 5762/UN30/KP/2012 Tentang Pemberhentian Pembantu Dekan Selingkung Fakultas Pertanian Periode 2008-2012 dan Pengangkatan Pembantu Dekan Selingkung Fakultas Pertanian Universita Bengkulu Periode 2012-2016 tanggal 3 Agustus 2012.

Sedangkan satu orang Pembantu Dekan FKIP yang dilantik untuk pergantian antar waktu adalah Pembantu Dekan I Bidang Akademik Dr. Puspa Djuwita, M.Pd yang menggantikan Dr. Santoso, M.Kes (Alm) yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Dr. Puspa Djuwita, M.Pd dilantik sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Bengkulu Nomor 5763/UN30/KP/2012 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Antar Waktu Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu tanggal 3 Agustus 2012.

Dalam sambutannya, Rektor Unib Prof. H. Zainal Muktamar mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama yang telah mengabdi dan mendedikasikan segenap kemampuannya untuk kemajuan Fakultas Pertanian selama ini. Kepada para pejabat yang baru, Rektor mengucapkan selamat menjalankan tugas semoga ke depan Fakultas Pertanian akan semakin maju.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menginformasikan tentang sejumlah perkembangan terbaru seputar dunia pendidikan Perguruan Tinggi kepada segenap sivitas akademika Unib. Kata Rektor, beberapa waktu lalu Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Perguruan Tinggi (PT) telah disahkan. Ini menyusul dianulirnya UU BHP tahun 2010 lampau.

Di RUU yang baru disahkan tersebut, sejumlah persoalan mendapat perhatian serius dan diatur sedemikian rupa. Diantaranya menyangkut akreditasi program studi dan akreditasi institusi, ketentuan larangan plagiasi di PT, ketentuan tentang hak-hak dan kewajiban dosen, ketentuan tentang hak-hak dan kewajiban mahasiswa, serta ketentuan tentang tata kelola administrasi dan keuangan PT.

“Saya yakin dalam waktu singkat ini RUU tersebut akan segera disahkan menjadi Undang-Undang PT, dan ke depan UU inilah yang akan menjadi dasar hukum seluruh PT di Indonesia termasuk Unib dalam melaksanakan dunia keperguruantinggian,” ujar Prof. Zainal seraya mengakhiri sambutannya dan kembali mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik. [hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …