Breaking News
Home » Main News » SNMPTN Diumumkan, Daftar Ulang 17 – 28 Juni 2013

SNMPTN Diumumkan, Daftar Ulang 17 – 28 Juni 2013

HASIL Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diumumkan serentak secara nasional pada Senin (27/05) petang hari. Dengan demikian maka sebanyak lebih kurang 50% daya tampung program studi tiap-tiap perguruan tinggi telah diisi.  Sebagaimana diketahui bahwa penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilakukan melalui pola SNMPTN, SBPTN, dan mandiri (di UNIB disebut SPMU). Jumlah daya tampung yang diterima melalui SNMPTN adalah sebanyak minimal 50% dari total daya tampung, melalui SBMPTN minimal 30%, dan melalui mandiri sebnayak maksimal 20%.

Peserta yang mengikuti SNMPTN tahun 2013 dapat mengakses pengumuman tersebut melalui lamanhttp://www.snmptn.ac.id dengan menggunakan PIN yang dimiliki ketika mendaftar SNMPTN. Tiap-tiap peserta hany adapat mengakses untuk dirinya sendiri, sehingga tidak bisa melihat hasil orang lain. Hasil pengumuman juga dapat diunduh di laman http://www.unib.ac.id pada panel pengumuman.

UNIB sendiri tahun ini menerima mahasiswa baru melalui SNMPTN sebanyak 1.583, melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sebanyak 1004, dan SPMU (Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNIB) sebanyak 569 yang tersebar di 34 program studi S1 reguler.

Bagi peserta yang dinyatakan diterima pada program studi di UNIB agar dapat melakukan daftar ulang mulai tanggal 17 – 28 Juni 2013 sesuai dengan jadwal masing-masing fakultas. Ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa (peserta yang lulus SNMPTN) adalah sebagai berikut:

  1. Waktu dan Tempat Pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal):

Calon mahasiswa wajib datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) dengan berpakaian rapi dan sopan.

  • Tanggal : 17 – 28 Juni 2013 (sesuai denganJadwal Masing-masing Fakultas).
  • Calon Mahasiswa harus mengunduh Formulir Registrasipada laman admisi.unib.ac.id
  • Mengisi Formulir  Registrasidan ditandatangani di atas materai Rp.3000 oleh peserta dan oleh orangtua (wali mahasiswa).
  • Mengembalikan Formulir Registrasiyang sudah diisi beserta lampirannya dan menunjukkan bukti tanda peserta  mengikuti SNMPTN Tahun 2013 Ke Bagian Registrasi Rektorat Universitas Bengkulu.
  • Mengambil Pengantar Pembayaran UKTdari Sub.Bagian Registrasi Rektorat Universitas Bengkulu.
  • Membayar UKTpada Bank Mandiri.
  • Melakukan Validasi bukti setor UKT dengan menyerahkan Foto kopinya 2 rangkap ke Sub.Bagian Registrasi.
  • Melakukan Foto untuk pembuatan KTM di Sub.Bagian Registrasi dan melakukan Tes Kesehatan di Bagian Kemahasiswaan.
  • Menerima Map Dokumen  mahasiswa untuk dilengkapi (sesuai petunjuk pada butir 3).
  1. Mengunduh Formulir Biodata Mahasiswa Baru pada laman admisi.unib.ac.id untuk diisi dan dimasukkan pada Map Dokumen Mahasiswa yang akan diserahkan pada tanggal 1 – 2 Juli 2013.
  2. Menyerahkan Map Dokumen yang telah dilengkapi pada tanggal 1 – 2 Juli 2013 :
  • Foto kopi bukti pembayararan UKT 2 lembar.
  • Buku raport asli dan foto kopinya yang dilegalisir 2 rangkap.
  • Foto kopi STTB dan Nilai UN/ SKHUN yang dilegalisir masing-masing 2 rangkap.
  • Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah (asli dan foto kopinya 2 lembar).
  • Mengisi Surat pernyataan kesediaan mentaati peraturan dan tidak sedang mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi negeri lain (disediakan panitia rangkap 2).
  • Formulir Biodata Mahasiswa Baru rangkap 2.

Cara mengisi dan melengkapi dokumen a – f  dapat dilihat pada petunjuk dalam map dokuman.

  1. Lain-lain
  • Ketentuan tersebut di atas bersifat mengikat untuk setiap Calon Mahasiswa Baru UNIB TA 2013/2014, dan apabila persyaratan dan ketentuan tersebut di atas tidak dipenuhi maka UNIB berhak menggugurkan mahasiswa  tersebut untuk menjadi mahasiswa baru TA 2013/2014. Uang Kuliah Tunggal (UKT)yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan lagi.
  • Jadwal mengisi KRS (Kartu Rencana Studi) pada portal akademik mulai tanggal 20 s.d. 25 Agustus 2013.
  • Untuk dapat mengisi KRS  terlebih dahulu mahasiswa  mengisi Formulir isian Biodata MahasiswaBaru secara lengkap pada laman Portal Akademik, dengan menggunakan user name danpassword yang diberikan oleh BATIK.

Informasi persyaratan dan ketentuan daftar ulang dapat diunduh di laman unib: http://www.unib.ac.idpada panel pengumuman: Syarat Daftar Ulang SNMPTN atau langsung klikhttp://unib.ac.id/pengumuman.php?file=syarat%20registrasi%20snmptn.pdf.

Hal yang perlu diketahui oleh peserta adalah jadwal daftar ulang yang masing-masing fakultas berbeda-beda. Rincian informasi tentang daftar ulang, termasuk jadwal untuk masing-masing fakultas dapat dilihat di http://admisi.unib.ac.id.[hms]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …