Breaking News
Home » Main News » SBMPTN di UNIB Lancar

SBMPTN di UNIB Lancar

SEBANYAK tidak kurang dari 5.500 peserta telah mengikuti SBMPTN mulai tanggal 18 – 19 Juni 2013. Berdasarkan data pendaftar, ada sebanyak 5.788 peserta seharusnya mengikuti ujian tulis SBMPTN di UNIB. Namun, pada hari pertama pada materi tes TPA, terdapat 283 peserta yang tidak hadir, pada tes SKDU terdapat 278 orang. Sedangkan pada hari kedua jam pertama ada 159 orang yang tidak hadir dan jam kedua ada 205 yang tidak masuk tes.

Berdasarkan data di atas, terlihat bahwa sebagian peserta tes ada yang tidak masuk pada jam pertama tetapi masuk pada jam kedua, atau sebaliknya di hari kedua. Beberapa faktor yang diduga menyebabkan peserta tidak mengikuti ujian adalah karena kemungkinan adanya peserta yang mendaftar lebih dari satu, karena keterlambatan, atau faktor lainnya.

Ujian tulis SBMPTN yang digelar kali ini semuanya dilaksanakan di gedung-gedung di UNIB. Hal ini telah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir bahwa ujian tulis seleksi masuk perguruan tinggi negeri dipusatkan di UNIB karena UNIB masih mampu menampung peserta ujian hingga 6.500 orang.

Hasil pantauan tim Humas, ujian berlangsung lancar dan aman. Tidak dijumpai adanya hal-hal yang melanggar atau kecurangan. Hal ini juga terlihat dari hasil monitoring Rektor beserta pimpinan UNIB ke lokasi ujian.

 

Ujian Keterampilan

Bagi peserta yang mengambil program studi Pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes), tanggal 20 dan atau 21 akan dilaksanakan ujian keterampilan.

Ujian keterampilan akan dilaksanakan di Gedung Serba Guna adalah untuk program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Materi yang akan diujikan meliputi:

  1. Tes kesehatan: pengukuran antropometri, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan mata.
  2. Tes kebugaran: tes kelincahan, standing long jump, lemparan ke diding, kebugaran, dan standing sork test. 

Selama mengikuti ujian keterampilan, peserta harus membawa/mengenakan pakaian dan sepatu olah raga dan pada tanggal 20 Juni 2013 pukul 07:00 peserta melakukan registrasi di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Bengkulu dengan menunjukkan kartu tanda peserta SBMPTN 2013.

 

Jalur Mandiri.

Hasil SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 12 Juli 2013. Bagi peserta yang dinyatakan belum lulus, UNIB masih membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri, yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNIB (SPMU). SPMU akan dibuka pada awal Juli 2013.

SPMU merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru S1 reguler melalui ujian tulis yang diselenggarakan oleh UNIB secara mandiri. Informasi lebih lanjut akan diumumkan segera melalui web UNIB http://www.unib.ac.id.[hms]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …