Breaking News
Home » Main News » Ribuan Mahasiswa Ikut OSN Pertamina

Ribuan Mahasiswa Ikut OSN Pertamina

SEBANYAK 1036 mahasiswa Universitas Bengkulu dan mahasiswa perwakilan PTS se Bengkulu, pagi tadi, Rabu (27/11), unjuk kemampuan pada Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) 2013 yang dihelat di gedung serba guna (GSG) Universitas Bengkulu.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Unib Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, disaksikan perwakilan panitia pusat, General Manajer Pemasaran PT. Pertamina (Persero) Depo Pulau Baai Bengkulu Taufan Enggar, para dekan, para pembantu dekan, dan puluhan dosen yang terlibat sebagai panitia pengawas.

Dalam sambutannya Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT. Pertamina (Persero) yang telah menjadikan kegiatan ini sebagai ajang kompetisi ilmiah bergengsi yang dilaksanakan rutin setiap tahun.

Dr. Ridwan juga menyambut baik atas tingginya animo mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini dan berharap para mahasiswa yang mengikuti kompetisi di tingkat lokal Bengkulu dapat menorehkan prestasi gemilang sehingga mampu bersaing pada tingkat regional, nasional dan internasional.

“Animo mahasiswa mengikuti kompetisi ini sangat tinggi, jumlah peserta meningkat drastis dibanding tahun lalu. Ini membuktikan bahwa keinginan para mahasiswa untuk berkarya dan untuk menorehkan prestasi sangat tinggi. Selamat berkompetisi, semoga melalui kegiatan ini banyak mahasiswa Bengkulu yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Wakil Dekan FMIPA Universitas Bengkulu, Yulian Fauzi, selaku Koordinator Panitia Lokal Bengkulu mengatakan, OSN Pertamina merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa Indonesia. Kegiatan ini adalah wadah generasi muda mengeskpresikan diri, menampilkan karya cipta, dan mengukir prestasi.

“Kompetisi ini dilaksanakan tiap tahun sejak 2008 lalu. Kepanitiannya adalah PT. Pertamina (Persero) dan Universitas Indonesia dibantu jejaring universitas mitra di 33 provinsi se Indonesia. Proses seleksi dilaksanakan di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

Dijelaskan Yulian Fauzi, selain membangun kesadaran para mahasiswa akan pentingnya berprestasi, tujuan kegiatan adalah untuk menumbuhkan sense of owrnership para mahasiswa terhadap PT. Pertamina sebagai BUMN terbesar yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia di bidang energi dan petrokimia.

Kemudian kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun awareness dan acceptance melalui Science Olympic Games (Proyek Sain dan Kompetisi Teori Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) dengan melibatkan perguruan tinggi.

Dan tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kepekaan generasi muda pada permasalahan bangsa dan melatih diri untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai masalah yang timbul di masyarakat dan daerah. Serta menjadikan event science olympic sebagai wahana komunikasi, sosialisasi dan internalisasi pada masyarakat, tingkat daerah dan nasonal.

Jumlah Peserta Meningkat Drastis

Kompetisi OSN Pertamina 2013 terdiri dari dua kategori yaitu Teori dan Proyek Sains. Kategori Teori mengkompetisikan empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada kategori ini seleksi dilakukan melalui dua tahap yaitu seleksi tingkat provinsi dan seleksi babak final tingkat nasional.

Sedangkan untuk kategori Proyek Sains, mengkompetisikan karya cipta dari empat bidang yaitu bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Riset (PR). Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua babak yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final tingkat nasional.

Dibanding tahun 2012 lalu, jumlah peserta OSN Pertamina Panlok Bengkulu tahun 2013 mengalami peningkatan signifikan. Untuk kategori Teori meningkat 77 persen, dari 586 orang pada 2012 menjadi 1036 peserta pada tahun ini. Dan Proyek Sains, meningkat 150 persen, dari hanya 4 tim pada 2012, tahun ini diikuti 10 tim.

Para peserta merupakan mahasiswa PTN dan PTS yang ada di Provinsi Bengkulu, yaitu berasal dari FMIPA Unib, FKIP Jurusan MIPA Unib, Fakultas Pertanian Unib, Fakultas Teknik Unib, IAIN Bengkulu, UNIHAZ, UNIVED, UMB, STIKES Tri Mandiri Sakti, dan Universitas Ratu Samban.

Rincian jumlah peserta kategori Teori Bidang Matematika sebanyak 288 peserta, Bidang Fisika 207 peserta, Bidang Kimia 236 peserta, dan Biologi 205 peserta. Dan untuk kategori Proyek Sain, Bidang Rancang Bangun (RB) 2 tim, Aplikasi Perangkat Lunak (APL) 1 tim, dan Produk Unggulan (PU) sebanyak 7 tim.

“Hari ini, tanggal 27 Nopember 2013, pelaksanaan OSN Pertamina dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Karena peserta di Panlok Bengkulu ini cukup banyak, kita sangat optimis ada yang berhasil meraih prestasi hingga level nasional,” papar Yulian.

PT. Pertamina Concern Membantu Pendidikan

Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) dalam sambutan tertulis yang dibacakan GM Pertamina Depo Pulau Baai Bengkulu Taufan Enggar mengatakan, kegiatan OSN Pertamina adalah salah satu wujud implementasi nyata kontribusi terhadap peningkatkan pendidikan di Indonesia.

Sebagai perusahaan energi nasional, PT. Pertamina memiliki concern yang tinggi membantu civitas akademika nasional melahirkan ahli-ahli sains yang kompeten ke depan. “Bahkan kami berharap inovasi teknologi yang dihasilkan nanti dapat dikembangkan dan diterapkan untuk pengembangan bisnis energi nasional khususnya di Pertamina saat ini dan masa akan datang,” ujarnya.

Direktur Utama PT Pertamina juga sangat bersyukur dan bangga karena ajang OSN Pertamina dari tahun ketahun mengalami peningkatan signifikan baik dari segi penyelenggaraan maupun jumlah partisipasi peserta.

Peningkatan jumlah peserta itu menunjukan pamor dan band OSN Pertamina semakin dikenal oleh mahasiswa di perguruan tinggi nasional. Hal ini juga menunjukan bahwa ketertarikan mahasiswa untuk mengikuti ajang kompetisi berbasis sains semakin meningkat.

Pada tahun 2013 yang merupakan tahun keenam penyelenggaraan OSN Pertamina, jumlah mahasiswa yang berpartisipasi secara keseluruhan tercatat kurang lebih 25 orang. Artinya, sejak awal diselenggarakan jumlah peserta OSN pertamina mengalami kenaikan lebih 300 persen dari tahun-tahun sebelumnya.[hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …