Breaking News
Home » Main News » Ribuan Mahasiswa Baru Ikut PKK

Ribuan Mahasiswa Baru Ikut PKK

SEBANYAK 3.369 mahasiswa baru Universitas Bengkulu tahun ajaran 2012/2013, Senin sore (17/8) di Gedung Serba Guna (GSG) Unib, mengikuti acara pembukaan masa oreintasi mahasiswa yang kini dikenal dengan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK). Kegiatan yang akan berlangsung hingga empat hari ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru dalam menimba ilmu di perguruan tinggi.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Bengkulu Dr. Ir. H. Fahrurrozi, M.Sc selaku Ketua Panitia Pelaksana PKK mengatakan, para peserta PKK ini merupakan mahasiswa baru program S1, S0 reguler maupun ekstensi yang diterima melalui jalur SNMPTN, SPMU maupun UM yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pelaksanaan PKK dilaksanakan selama dua hari untuk tingkat universitas dan dua hari di tingkat fakultas.

Ke 3.369 orang peserta PKK terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 789 orang, Fakultas Hukum (FH) 235 orang, Fakultas Ekonomi (FE) 613 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) 405 orang, Fakultas Pertanian (FP) 755 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 211 orang, Fakultas Teknik (FT) 310 orang, dan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) sebanyak 51 orang.

Pada kegiatan ini, para mahasiswa baru akan diberikan berbagai pengetahuan tentang kehidupan kampus dan pengetahuan umum lainnya. Materi dimaksud antara lain tentang Pancasila, UUD dan tentang kewarganegaraan, tentang system dan kalender akademik Unib, tentang berbagai layanan dan fasilitas mahasiswa, tentang disiplin mahasiswa, tentang pendidikan karakter, dan sosialisasi program Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun organisasi mahasiswa (Ormawa) lainnya selingkung Unib.

Sementara itu, Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya menghimbau agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dan kuliah di Unib sebaik-baiknya. “Tidak semua lulusan SMA sederajat bisa kuliah khususnya di Unib. Anda termasuk orang-orang yang beruntung. Jadi, manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Jadikan kampus tempat menimba ilmu sebanyak-banyaknya sehingga Anda menjadi insan yang cerdas dan meraih kesuksesan hidup,” ujarnya.

Rektor juga menekankan agar para mahasisa baru dapat mengikuti kegiatan PKK dengan baik dan mematuhi segala peraturan yang berlaku. “Kepada semua pihak saya juga menegaskan bahwa PKK ini tidak ada perpeloncoan dan semua kegiatan harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” tegas Prof. Zainal Muktamar.

Acara pembukaan PKK ini ditandai pemasangan almamater dan topi kepada perwakilan peserta dari seluruh fakultas oleh Rektor didampingi para pembantu rektor, Kepala Biro AAKPSI, para dekan dan para pembantu dekan bidang kemahasiswaan. Rangkaian acara yang diselingi berbagai pertunjukan dan atraksi dari sejumlah UKM, berlangsung lancar dan sukses serta disambut antusias oleh ribuan peserta PKK. [hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …