Breaking News
Home » Main News » Ribuan Arsip Unib Dimusnahkan

Ribuan Arsip Unib Dimusnahkan

TIM Arsiparis Universitas Bengkulu, Jumat (7/12), melakukan pemusnahan ribuan arisp selingkung Unib yang terkumpul sejak 2005. Pemusnahan dilakukan dengan menggunakan mesin pelebur kertas di tempat pengelolaan sampah dan pembuatan kertas terpadu Unib yang berlokasi di sebelah kanan Rektorat Unib.

Pemusnahan ribuan arsip Unib tersebut tertuang dalam Berita Acara Pemusnahan Arsip No. 8444/UN30.2/TU/2012 tanggal 7 Desember 2012. Pemusnahan arsip yang dilakukan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 26 tahun 2006 tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan Fasilitatif di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta.

Arsip-arsip yang dimusnahkan merupakan arsip surat-surat rutin biasa berasal dari seluruh unit kerja selingkung Unib. Sebagai saksi pemusnahan arsip itu adalah Pembantu Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi Umum Prof. Dr. H. Wachidi, M.Pd dan Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) Unib Dra. Rasmiwati.

Pantauan Tim Humas Unib, para petugas Arsiparis Unib yang berjumlah 11 orang dipimpin langsung Kasubbag TU Unib Dra. Magdalia Rulfa tampak sibuk memasukkan satu persatu kertas arsip ke dalam mesin pelebur kertas.

“Seluruh kertas arsip ini akan dimusnahkan menggunakan mesin pelebur dan nanti akan dikelola menjadi kertas yang layak pakai melalui unit pengelola sampah dan pembuatan kertas terpadu Unib,” ujar Magdalia Rulfa seraya menunjukkan tumpukan kertas arsip yang menggunung.[hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …