Breaking News
Home » Main News » P2AP Unib Kembali Menggelar Pelatihan ALIHE

P2AP Unib Kembali Menggelar Pelatihan ALIHE

PENGEMBANGAN dan peningkatan mutu pembelajaran di Universitas Bengkulu terus digalakkan. Salah satu upaya yaitu melalui pelatihan ALIHE (Active Learning in Higher Education) bagi dosen yang diselenggarakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pelayanan Pengembangan Aktivitas Pembelajaran (P2AP).

Akhir bulan Juni 2013, tepatnya tanggal 24 hingga 28 Juni, P2AP melaksanakan pelatihan ALIHE angkatan ke-8. Pesertanya lebih kurang 56 orang, dosen dari berbagai fakultas selingkung Unib. Kegiatan tersebut terpusat di ruang P2AP lantai dasar gedung perpustakaan Unib dan dibuka secara resmi oleh Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D.

Ketua UPT P2AP Unib, Dra. Sri Saparahayuningsih, M.Pd mengatakan, pelatihan ALIHE ini merupakan salah satu wujud implementasi statuta Unib yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme dosen.

Melalui pelatihan ini para dosen mampu melaksanakan dan mengembangkan model pembelajaran aktif, dengan indikasi bahwa para dosen mampu mengembangkan silabus pembelajaran aktif dan penilaian otentik, mampu memproduksi media pembelajaran berbasis ICT, mampu mengembangkan penilaian portofolio dan SAP mata kuliah yang diampu, serta melakukan persiapan simulasi pembelajaran.

“Penerapan pembelajaran aktif di perguruan tinggi khususnya di Unib merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ujar Sri. “Jika pembelajaran aktif diterapkan sebagaimana mestinya, maka akan mampu meningkatkan soft skill para mahasiswa dalam hal berfikir kritis dan kreatif, berintraksi dan bekerjasama, mengkomunikasikan gagasan dengan baik, belajar efektif dan keterampilan dalam memanfaatkan ICT,” paparnya.

Selain itu kata Sri, pembelajaran aktif atau PAKEM yang diterapkan secara terus menerus akan membentuk karakter mahasiswa menjadi pribadi yang kreatif dalam berkarya, ulet dan tekun dalam bekerja, toleran terhadap perbedaan antara sesama dan sikap-sikap positif lainnya.

Dengan pelatihan ALIHE angkatan ke 8 ini, maka jumlah dosen Unib yang sudah mengikuti pelatihan ALIHE kurang lebih 300 orang. Dan selain dosen Unib, banyak juga dari perguruan tinggi lain yang sudah ikut, seperti dari STIKES Tri Mandiri Sakti, Dosen Universitas Dehasen (Unived), dan lain-lain. Ini dikarakan, selain menyelenggarakan pelatihan untuk dosen internal Unib, P2AP Unib juga membuka peluang bagi dosen dari luar.

Rektor Unib Prof. Zainal Muktamar menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kegiatan ini. Sebab kata Prof. Zainal, peningkatan kualitas pembelajaran merupakan kunci penting dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Sebagus apapun fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki, jika proses pembelajaran tidak baik maka hasilnya tidak akan baik. Oleh sebab itu, merupakan tugas kita bersama untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujarnya.[hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …