Breaking News
Home » Main News » Mahasiswa Faperta Gelar Rakornas Formatani 2013

Mahasiswa Faperta Gelar Rakornas Formatani 2013

SETELAH sebelumnya Fakultas Pertanian (Faperta) UNIB, menjadi penyelenggara kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Mahasiswa Muslim Pertanian Indonesia (IMMPERTI), dan Musyawarah Wilayah IMTPI (Ikatan Mahasiswa Teknologi Pertanian Indonesia), Faperta UNIB diamanahkan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat koordinasi nasional Formatani (Forum Mahasiswa Agroekoteknologi Indonesia) yang berdasarkan ketetapan Munas II Formatani di Universitas Muhammadiyah Malang, menetapkan Universitas Bengkulu sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakoornas Formatani.

 Kegiatan yang akan berlangsung selama satu minggu 22-28 September, menggelar kegiatan berupa Rapat kerja anggota Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (Formatani) dan Musyawarah Wilayah I (Sumatera). Ketua Panitia Zulkifli Nasution yang juga menjabat sebagai sekretaris DPM Faperta, menjelaskan kegiatan direncanakan dibuka oleh Mentri Kehutanan RI, Ir. Zulkifli Hasan. Sementara itu Bupati Himagrotek, Fahriza Khairi Siregar menjelaskan kegiatan ini akan dihadiri oleh anggota Formatani dari kurang lebih 50 institusi perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

 Presidium Gubernur BEM Faperta, Muhammad Yusuf, mengatakan bahwa kegiatan ini akan dapat mengembalikan ruh perjuangan mahasiswa yang ikhlas dalam memperbaiki kondisi pertanian saat ini, sehingga mahasiswa Faperta UNIB mampu membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahwa mahasiswa juga turut serta dalam pembangunan dunia pertanian

 Secara terpisah, Ketua DPM Faperta, Aben Candra, mengharapkan bahwa kegiatan ini juga harus dapat diapresiasi oleh Dekan Faperta, sehingga semangat mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan ini bukan hanya menjadi hajatan Ormawa tetapi juga menjadi hajatan bersama Sivitas Akademika Fakultas Pertanian. Untuk itu DPM Faperta akan bersinergi dengan BEM Faperta untuk bersama memajukan Ormawa yang ada di Fakultas Pertanian.

 Secara singkat, Formatani merupakan Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia, didirikan di Malang pada tanggal 15 Juli 2010, berkedudukan sebagai forum yang menghimpun organisasi mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi se-Indonesia. Formatani merupakan organisasi independen yang mengedepankan keprofesian ditingkat program studi atau jurusan dan pengabdian masyarakat dengan visi dan misi sebagai berikut.

 Visi

Mewujudkan mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi yang religius, kritis, dinamis, dialektis, dan berdedikasi terhadap Tri Darma Pergguruan Tinggi serta professional di bidang keilmuannya untuk memajukan pertanian Indonesia.

 Misi

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan forum komunikasi dan proses diskusi keilmuan dalam rangka peningkatan daya saing dan kompetensi mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi di bidang pertanian.
  3.  Menjalin kerjasama dengan semua elemen masyarakat untuk meningkatkan pertanian Indonesia.
  4. Tanggap terhadap isu-isu pertanian yang sedang berkembang baik secara nasional maupun internasional.

 Tujuan

  1. Menghimpun organisasi mahasiswa Agroteknologi / Agroekoteknologi yang ada di Indonesia (Fungsi koordinasi dan Silaturahmi).
  2. Memacu perkembangan organisasi mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi yang ada di Indonesia.
  3. Menampung, menyalurkan, dan merealisasikan aspirasi organisasi mahasiswa Agroteknologi/
    Agroekoteknologi yang ada di Indonesia (Tri Darma Perguruan Tinggi dan Kreativitas).
  4. Menjadi wadah yang berperan aktif untuk kemajuan pertanian Indonesia.

[ibnu/hms]

Check Also

Faculty of Law, UNIB Be the First Champion in National Constitutional Debate Competition of 2019

Be Proud, ahead of the 74th Anniversary of the Independence of the Republic of Indonesia, …