Breaking News
Home » Main News » Lizar Alfansi Terpilih sebagai Dekan FE

Lizar Alfansi Terpilih sebagai Dekan FE

PASCA terpilih dan dilantiknya Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc sebagai Rektor Unib beberapa waktu lalu, mengharuskan Fakultas Ekonomi melakukan pemilihan dekan pengganti antar waktu. Setelah dilakukan pemilihan dalam rapat senat tertutup, Jumat (1/10) pukul 14.00 WIB, akhirnya Prof. Lizar Alfansi, Ph.D ditetapkan sebagai Dekan terpilih.

Proses pemilihan tersebut berlangsung tertib dan lancar serta demokratis. Pencalonan diikuti dua kandidat yaitu Prof. Lizar Alfansi dan Slamet Widodo, SE, Ph.D. Sebelum pemilihan, kedua kandidat tersebut diwajibkan memaparkan visi misi dan program kerja di hadapan para anggota senat.

Pada pemilihan itu, dari 17 anggota senat Fakultas Ekonomi, hanya 14 suara yang sah. Sebab dua orang anggota senat tidak hadir dengan alasan tengah melaksanakan tugas luar kota, dan satu suara tidak berhak memilih karena menjadi kandidat.

Prosesi pemilihan dipimpin oleh Ketua Panitia Dr. Husaini, Sekretaris Sugeng Susetyo dan anggota Mery Anitasari, serta ditinjau langsung oleh Rektor Unib yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan, Drs. Azhar Marwan, M.Si.

Setelah dilakukan pemilihan dan penghitungan hasil perolehan suara, Prof. Lizar Alfansi unggul dari Slamet Widodo dengan perolehan 12 suara berbanding 2 suara. Dan akhirnya Prof. Lizar Alfansi ditetapkan sebagai Dekan terpilih dan berhak diusulkan untuk dilantik sebagai Dekan FE pergantian antar waktu.

Lizar Alfansi adalah putra Bapak H. Gozali Jemat dan Almarhumah Hj. Saniah Mastihar, kelahiran Muara Enim pada 1 Juni 1964. Ia mengenyam pendidikan formal mulai dari jenjang TK, SD hingga SMP di Kota Curup, Rejang Lebong dan menamatkan SMA di SMAN 2 Kota Bengkulu. Selanjutnya melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi (Manajemen) di Universitas Bengkulu, lulus tahun 1988.

Lizar Alfansi mengawali karier sebagai dosen PNS pada tahun 1989. Dan setahun kemudian Ia melanjutkan studi S2 di University of Central Arkansas – USA berkat memperoleh beasiswa dari pemerintah.

Pada tahun 1996, Lizar melanjutkan studi S3 di School of Business and Economis, Exeter University, England dengan beasiswa dari ADB yang berhasil diperolehnya setelah mengungguli dosen se Sumatera.

Di Inggris, dia meraih The Best Academic Working Paper Award atas karya yang disampaikan dalam The Academy of Marketing Conference tahun 1998 di Sheffiled, England. Dia tercatat sebagai orang asing pertama di Eropa yang meraih award tersebut.

Lizar dikukuhkan sebagai profesor pada 2010 dan sejak 2008 hingga sekarang Ia menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unib.[hms1]

Check Also

UNIB and Dongguk University, South Korea Sign MoU to Cooperation Development

Program of World Class Professor (WCP) of Ministry of Research, Technology, and Higher Education made …