Breaking News
Home » General news » KOMPETISI DEBAT BAHASA INGGRIS MAHASISWA TAHUN 2017

KOMPETISI DEBAT BAHASA INGGRIS MAHASISWA TAHUN 2017

UNIT Pelaksana Teknis Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (UPT PKM) kembali menyelenggarakan Debat Bahasa Inggris atau National University Debating Championship (NUDC) tingkat mahasiswa UNIB. Babak penyisihan dilaksanakan selama dua hari, 17 dan 18 Maret di Gedung UPT Bahasa Universitas Bengkulu, dan babak final dilaksanakan di Ruang Rapat IV Gedung Rektorat.

Pada pembukaan final kompetisi ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Mochamad Ridwan, MP, menyampaikan harapannya untuk Mahasiswa Universitas Bengkulu dapat kembali meraih kesempatan berkompetisi di ajang Debat Bahasa Inggris tingkat dunia seperti pada tahun 2012 silam di Afrika Selatan.

Kompetisi ini diikuti oleh 8 tim yang didominasi oleh mahasiswa FKIP, dengan tiap timny terdiri dari 2 orang. Adjudicator pada kompetisi ini terdiri dari 4 orang yang merupakan alumni-alumni NUDC Universitas Bengkulu sebelumnya. Salah satunya adalah Wapres BEM KBM UNIB, Alheru Akbar.

Eko Syahputra yang merupakan delegasi Indonesia pada ajang NUDC dunia tahun 2012 lalu yang juga turut serta sebagai adjudicator pada kompetisi ini menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat terus menerus meningkatkan intelegensi dan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki oleh seluruh peserta.

Juara Pertama diraih oleh Tim Sella Ramadhani Syahputri (Fakultas Hukum) dan Fran Shaitana Sinaga (Fakultas MIPA), Juara Kedua diraih oleh Tim Putri Agustinos (Fakultas KIP) dan Triana Krisandini (Fakultas KIP). Juara Ketiga diraih tim Meisa Nazthasia (Fakultas KIK) dan Putri Santri (KIK), dan Juara keempat Khamidah Sulistya RN (Fakultas KIP) dan Putra Taufiqur Rochman (Fakultas KIK).

Untuk Kompetisi tingkat Regional, Universitas Bengkulu akan mengirimkan tim yang diseleksi berdasarkan keputusan para Adjudicator yang terdiri dari 2 orang Debater dan 1 orang Adjudicator. Tim terpilih ini rencananya nanti akan di sparing-kan dengan tim dari salah satu Universitas ternama di Indonesia yang sering masuk pada daftar pemenang NUDC Nasional dan akan menjadi utusan universitas Bengkulu di ajang regional dan akan berhadapan dengan Bangka Beliting (Babel), Sumatera Selatan dan Lampung. NUDC tingkat dunia tahun ini akan dilaksanakan di Meksiko.[Laporan Denis Kurniawan. Editor : Purna Herawan].

Check Also

Prof. Masaki Oda Gave Public Lecture Doctoral Education Program of UNIB

LECTURER and researcher from Japan, Prof. Masaki Oda, Ph.D fulfilled the invitation of the S3 …