Breaking News
Home » Main News » Idul Adha 1433 H, Unib Kurban 8 Ekor Sapi

Idul Adha 1433 H, Unib Kurban 8 Ekor Sapi

ALLAHUAKBAR Allahuakbar Allahuakbar Walillah Ilham. Alhamdulillah, pada hari besar Islam, Idul Adha 1433 H, yang lazim disebut lebaran haji atau hari raya kurban tahun ini, tepatnya Jumat (26/10), civitas akademika Unib kembali merayakannya dengan memotong hewan kurban 8 ekor sapi. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 6 ekor sapi.

Seperti tahun sebelumnya, acara pemotongan hewan kurban dilakukan di halaman samping gedung rektorat Unib, dihadiri Rektor, para Pembantu Rektor, para Kepala Biro, Kabag, Dekan dan para pimpinan unit-unit kerja selingkung Unib.

Hewan kurban itu merupakan sumbangan dari keluarga besar Unib dan daging kurban akan dibagikan pada ratusan tenaga honorer, tenaga kebersihan, serta warga masyarakat yang berhak menerima yang berdomisili di wilayah selingkung kampus Unib.

Data dihimpun Tim Humas, selain para tenaga honorer dan tenaga kebersihan kampus Unib baik di rektorat maupun fakultas, warga calon penerima daging kurban dari Unib yaitu puluhan warga Talang Kering, Kandang Limun, dan Rawa Makmur. Kemudian  puluhan warga Sungai Hitam, Pekik Nyaring, Pulau Beringin, dan Beringin Raya.

Selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, kegiatan pemotongan hewan kurban ini diharapkan dapat mempererat hubungan silahturahmi keluarga besar Unib dengan warga yang tinggal di wilayah sekitar kampus. Sebab, Idul Adha selain meningkatkan ketaqwaan juga memiliki makna sosial yang tinggi.

Kegiatan pemotongan hewan kurban di Unib dikoordinir oleh Pembantu Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi Umum, Prof. Dr. H. Wachidi, M.Pd. Pemotongan hewan kurban pertama dilakukan secara simbolis oleh Rektor, diikuti para pembantu rektor, para dekan, dan pimpinan unit-unit kerja selingkung Unib.

Usai dipotong dan dibersihkan, daging kurban ditimbang dan dibagi dalam bentuk ratusan paket, kemudian dibagikan kepada warga yang berhak menerima. Selain 8 ekor sapi tersebut, juga dipotong satu ekor kambing. Tapi bukan untuk kurban melainkan sedekah dari Himpunan Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi Unib yang dibagikan juga kepada warga yang berhak menerima.[hms1]

Check Also

Increase Human Resources, 7 Lecturers and 2 Staffs”Study” Abroad

DEVELOPING international relations and at the same time efforts to improve human resources continue to …