Breaking News
Home » Main News » BI dan Unib Tandatangan MoU Kerjasama Program Beasiswa

BI dan Unib Tandatangan MoU Kerjasama Program Beasiswa

PIMPINAN Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Yuwono, dan Rektor Unib Prof. Ir. H. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D, Selasa siang (4/12), melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama program beasiswa BI tahun 2012. Acara penandatanganan berlangsung di ruang rapat utama kantor perwakilan BI Bengkulu dan disaksikan sejumlah pejabat BI dan Unib serta puluhan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Yuwono, mengatakan bantuan beasiswa kepada puluhan mahasiswa Unib ini merupakan bagian dari program CSR BI bidang pendidikan. Beasiswa ini diharapkan dapat membantu kebutuhan para mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga bisa menempuh dan menamatkan kuliah dengan baik.

Selain bantuan beasiswa kata Yuwono, kerjasama antara BI dan Unib selama ini sudah berjalan dengan baik dan akan terus ditingkatkan. “Kerjasama BI dan Unib banyak, bukan hanya bantuan beasiswa. Ke depan kita berharap semua kerjasama itu dapat berjalan sesuai harapan dan lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Rektor Unib Prof. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D menyambut baik penandatanganan MoU ini dan berterimakasih kepada BI yang telah memberikan kepercayaan kepada Unib sebagai intsitusi perguruan tinggi yang mahasiswanya banyak menerima beasiswa dari BI. “Saya juga lupa sudah berapa kerjasama yang dilakukan oleh BI dan Unib, sudah banyak sekali,” ujarnya.

Kepada mahasiswa penerima beasiswa Rektor mengingatkan agar dana tersebut tidak digunakan untuk hura-hura atau hanya untuk mengisi pulsa HP. “Gunakan dana itu sebaik-baiknya untuk membantu kelancaran dan keberlangsungan kuliah Anda, jangan untuk berpoya-poya,” tukasnya.

Pantauan Tim Humas Unib, jumlah mahasiswa penerima beasiswa BI tahun 2012 sebanyak 40 orang dari berbagai fakultas selingkung Unib. Masing-masing mahasiswa mendapat bantuan Rp250 ribu per bulan.

Selain penandatanganan MoU kerjasama program beasiswa, acara itu dirangkaikan dengan sharing informasi di bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran. Kemudian dilakukan pembentukan sekaligus pengukuhan pengurus Forum Komunitas Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia. Forum itu diberi nama GenBI (Generasi Baru Indonesia) yang ditingkat pusat telah dibentuk tanggal 11 Nopember 2011 lalu.

Untuk di Provinsi Bengkulu, forum ini baru pertama kali dibentuk dan ke depan, para anggotanya bukan hanya mahasiswa Unib tapi juga melibatkan para mahasiswa IAIN Bengkulu penerima beasiswa BI.

Pada kepengurusan perdana ini, terpilih sebagai ketua adalah Afrando Veryadi Sinaga, mahasiswa semester VII Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Unib, sebagai Sekretaris Fransiska Sitanggang yang merupakan mahasiswa semester VII jurusan Ekonomi Pembangunan Unib dan Bendahara Shella Natasya mahasiswi Fisipol Unib semester V.[hms1]

Check Also

UNIB and Universiti Sains Malaysia Increase Partnerships

Chief of Office of Research and Community Services (LPPM) of UNIB, Dr. rer. nat. Totok …